Waspadai Penyakit Cacar Monyet. Berikut ini Ciri dan Gejalanya. Simak Penjelasannya di bawah ini

Waspadai Penyakit Cacar Monyet. Berikut ini Ciri dan Gejalanya. Simak Penjelasannya di bawah ini

Waspadai Penyakit Cacar Monyet. Berikut ini Ciri dan Gejalanya. Simak Penjelasannya di bawah ini

Akhir akhir ini sedang ramai di bincangkan mengenai penyakit Cacar monyet. World Health Organization atau di singkat WHO menetapkan sebagai darurat kesehatan dunia. Jadi apa sih yang di maksud dengan cacar monyet itu?

Cacar monyet (monkeypox) merupakan infeksi cacar dari otopoxvirus yang teridentifikasi pada manusia pada tahun 1970. Organisasi Kesehatan Dunia mengkonfirmasi kasus cacar monyet pada manusia pertama ketika seorang anak laki-laki berusia 9 tahun menderita penyakit seperti cacar. Kasus ini terjadi di provinsi Equaire Zaire dikenal sebagai Republik Demokratik Kongo (DRC).

Pada 18 Mei 2022, pejabat kesehatan Massachusetts dan Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan (CDC) AS mengkonfirmasi satu kasus cacar monyet (monkeypox) pada pasien yang baru saja bepergian ke Kanada.
Nama “cacar monyet” berasal dari kasus pertama yang didokumentasikan penyakit pada hewan pada tahun 1958, yaitu ketika dua wabah terjadi pada monyet yang dipelihara untuk penelitian. Namun, monyet juga bukan pembawa utama penyakit serta virus tidak melompat dari monyet ke manusia. Cacar monyet disebabkan oleh virus Orthopoxvirus, yang termasuk dalam bagian keluarga virus Poxviridae. Bagian ini mencakup virus cacar, vaccinia dan cacar sapi

Virus cacar monyet dapat menular melalui kontak dengan orang atau hewan yang terinfeksi atau permukaan yang terkontaminasi. Biasanya, virus masuk ke tubuh melalui kulit yang rusak, terhirup atau selaput lendir di hidung, mulut atau mata.

Para peneliti percaya bahwa sebagian besar penularan virus dari manusia ke manusia dikarenakan tetesan pernapasan yang besar (droplet) yang terhirup dibandingkan kontak langsung dengan cairan tubuh atau kontak tidak langsung melalui pakaian.

Sampai tahun 2003, monkeypox virus hanya terdapat di hutan hujan di Afrika tengah dan barat. Pada akhir musim semi tahun 2003, beberapa orang diidentifikasi di Midwestern Amerika Serikat dengan gejala demam, ruam, gejala pernapasan, dan limfadenopati setelah terpapar oleh hewan pengerat spesies Cynomys yang terinfeksi virus monkeypox.
Setelah virus memasuki tubuh, virus ini mulai bereplikasi dan menyebar melalui tubuh lewat aliran darah. Gejala biasanya tidak muncul sampai satu hingga dua minggu setelah infeksi.
Cacar monyet menghasilkan lesi kulit seperti cacar, tapi gejala biasanya lebih ringan daripada cacar. Gejala awal biasa terjadi seperti flu biasa pada tahap awal, seperti demam dan sakit kepala hingga sesak napas.
Satu sampai 10 hari kemudian, ruam bisa muncul di tangan dan kaki, kepala atau dada yang akhirnya berubah menjadi lepuh berisi nanah. Pada tahap eksantematosa, dalam daerah tubuh, lesi berevolusi secara sinkron selama 14-21 hari, seperti perkembangan lesi dengan cacar. Namun, tidak seperti cacar, lesi kulit. Berbeda dengan cacar, lesi tidak memiliki distribusi sentrifugal yang kuat.

Tingkat keparahan dari kasus monkeypox di Republik Demokratik Kongo adalah 10% orang-orang yang tidak divaksinasi. Dibandingkan dengan orang-orang yang divaksinasi terhadap cacar, lesi yang timbul lebih sedikit dan penyakit umumnya tidak terlalu berat. Penyakit ini umumnya sembuh sendiri, dengan resolusi dalam 2-4 minggu, tergantung pada tingkat keparahan penyakit.

Diagnosis laboratorium sangat penting karena secara klinis penyakit cacar monyet (monkeypox) tidak dapat dibedakan dari penyakit cacar lainnya. Tidak terdapat pengobatan khusus atau vaksinasi yang tersedia untuk infeksi virus ini. Namun, Pusat pengobatan pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) merekomendasikan vaksinasi variola dalam waktu 2 minggu, idealnya sebelum 4 hari, setelah paparan. Pengobatan simptomatik dan supportif dapat diberikan untuk meringankan keluhan yang muncul. Pencegahan yang efektif pada infeksi virus monkeypox adalah dengan membatasi kontak pada pasien atau hewan yang terinfeksi.

Share post:

  • /

Leave a Reply

%d bloggers like this: